[SALAH] “Bayi selamat korban lion air jt 610”

Foto yang diedarkan adalah foto balita penyintas kecelakaan KM Lestari Maju bulan Juli kemarin, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pesan berantai Whatsapp.

——

(2) http://bit.ly/2OfkAJQ, post oleh akun “Wina Aulia Rahma” (facebook.com/wina.winaauliarahma), sudah dibagikan 1.195 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(3) http://bit.ly/2AAiWin, post oleh akun “Indry Wantasen II” (facebook.com/indry.wantasenii.9), sudah dibagikan 5 kali per tangkapan layar dibuat. Membagikan post yang menceritakan mengenai kejadian kecelakaan KM Lestari Maju.

======

NARASI

(1) “Bayi selamat korban lion air jt 610 Kiriman dr teman d rsud kerawang”.

——

(2) “mksh tuhan engkau slmt kn nyawanya😭korban JT 610 yg di bungkus ortunya dgan pelampung, namun sang ibu blum ktmu hgga kini, sbr ya syk, moga jdi ank sholeha😘”.

—–

(3) “Kuasa Allah bayi yg selamat,,semalam terombang ambing..di lautan korban pesawat Lion Air jurusan jkt – pangkal pinang 😢😢😢”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Peristiwa kecelakaan KM Lestari Maju dinarasikan sebagai peristiwa kecelakaan Lion Air JT 610.

——

(2) Berita dari beberapa media,

* http://bit.ly/2OcuOKZ, Mongabay: “Cuaca Buruk di Perairan Indonesia, Kemenhub Keluarkan Maklumat Pelayaran”, salah satu sumber foto.
* http://bit.ly/2OZ81rd, Liputan6: “VIDEO: Ajaib, Bayi Selamat dari Kecelakaan KM Lestari Maju”.

——

(3) Detiknews: “Foto Viral Bayi Selamat Bukan Penumpang Lion Air JT 610 yang Jatuh”, selengkapnya di bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2Q3AhFD, Detiknews: “Selasa 30 Oktober 2018, 10:59 WIB

Foto Viral Bayi Selamat Bukan Penumpang Lion Air JT 610 yang Jatuh

Gibran Maulana Ibrahim – detikNews

(foto)
Foto: Lion Air PK LQP yang jatuh (Dokumentasi Lion Air)

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluruskan foto seorang bayi yang disebut penumpang selamat dari kecelakaan Lion Air JT 610 tujuan Jakarta-Pangkalpinang. BNPB menyebut informasi mengenai bayi tersebut sama sekali tidak benar.

“Banyak postingan foto di media sosial bahwa ada bayi penumpang pesawat JT 610 yang selamat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB lewat Twitter resminya, Selasa (30/10/2018).

Sutopo menyebut bayi itu memang merupakan salah satu penumpang selamat. Bayi itu selamat dari kejadian tenggelamnya kapal KM Lestari Maju di Perairan Selayar pada Juli lalu.

“Foto bayi ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selayar, pada Selasa (3/7/2018),” ucap Sutopo.

Sutopo meminta semua pihak arif dalam bermedia sosial. Dia meminta masyarakat pengguna internet tidak menyebarkan foto ataupun informasi palsu alias hoax.

“Jadi info tersebut adalah hoax. Jangan menyebarkan hoax,” pesan Sutopo.

Pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) sekitar pukul 06.33 WIB. Pesawat berjenis Boeing 737 MAX 8 berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bangka-Belitung dengan membawa 189 orang di dalamnya, dua di antaranya adalah bayi.

Sampai saat ini tercatat ada 24 kantong jenazah yang tiba di dermaga JICT dan diberangkatkan ke RS Polri Kramat Jati. Nantinya, isi kantong jenazah itu bakal diidentifikasi oleh tim DVI.

https://twitter.com/Sutopo_PN/status/1057113422242803712: @Sutopo_PN: “Banyak postingan foto di media sosial bahwa ada bayi penumpang pesawat JT-610 yang selamat. Foto bayi ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selayar, pada Selasa 3/7/2018. Jadi info tersebut adalah Hoax. Jangan menyebarkan hoax.”

10:34 AM – Oct 30, 2018

(gbr/imk)”.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/770951559904048/