[Isu] Jokowi dianggap pernah menuturkan kata pribumi seperti tertulis pada judul berita di radarbanten dan cnnindonesia. Skrinsut terlampir. Awalnya beredar melalui whatsapp.

SUMBER : MEDIA DARING

NARASI : Jokowi : Warga Pribumi Harus Punya Kesempatan Kerja

PENJELASAN : Ada perbedaan pilihan kata antara judul dan artikel. Jika dibaca keseluruhan artikelnya, tidak ditemui ada kutipan langsung kata “pribumi” yang diucapkan Jokowi. Penggunaan kata pribumi dalam judul merupakan pilihan dari redaksi/media sebagai kata ganti “#karyawan_sekitar_pabrik” dan “#warga_sekitar” yg dituturkan Jokowi.

Belakangan kedua artikel tersebut telah diedit dengan menggunakan kata yang asli diucapkan okeh Jokowi setelah skrinsutnya viral menyusul kontroversi pidato Anies.

Isi artikel awal sebelum diedit dapat dilihat pada :
*****
http://webcache.googleusercontent.com/search…

“Saya minta agar memperkerjakan karyawannya sekitar pabrik saja,” katanya, Kamis (5/10).


“Orang Papua bisa kerja di Banten. Begitu sebaliknya, karena masih di Indonesia. Tapi, alangkah baiknya bisa memperkerjakan warga sekitar,” imbuhnya.
*****

Senada dengan radarbanten, cnnindonesia juga meralat judul artikelnya. Kutipan tidak langsungnya menggunakan kata #pengusaha_lokal_atau_nasional, bukan pribumi.

Isi artikel awal dapat dilihat pada :
*****
https://webcache.googleusercontent.com/search…

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo meminta Kementerian ESDM dan BUMN memberi kesempatan sebanyak mungkin kepada pengusaha lokal atau nasional untuk menggarap proyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW).

“Jangan kemudian yang berperan adalah para pemain besar dari luar,” ujar Jokowi seperti ditirukan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Rabu (22/6).
*****

Jadi, sekali lagi, mari biasakan membaca keseluruhan artikel ketimbang menelan mentah2 apa yang ditulis melalui judul.

[Kesimpulan] Misinformasi

#TurnBackHoax
#BacaIsiArtikel
#BiasakanKroscek

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/541962922802914/