“‘Tim Buzzer’ adalah bagian dari politik yang sedang berkembang, membantu memecah belah agama dan rasial”, selengkapnya di bagian REFERENSI.
======
KATEGORI
Klarifikasi.
======
SUMBER
(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.
——
(2) http://bit.ly/2JUbdgC, post oleh akun “Bibit Purwanto” (facebook.com/sharkan.abdullahazzam.7) ke grup “FPI ORMAS TERLARANG” (facebook.com/groups/457457957782832).
——
(3) http://bit.ly/2mHb1rH, post oleh akun “Andi Nino Wirawan” (facebook.com/andi.n.wirawan), sudah dibagikan 1.724 kali per tangkapan layar dibuat.
======
NARASI
“Keberanian harian asal Inggris The Guardian membongkar modus pabrik pembuat akun palsu pendukung Ahok telah menggegerkan publik Indonesia Senin, 23 Juli 2018 (Baca: Harian Inggris The Guardian Bongkar Pabrik Akun Palsu Pendukung Ahok.”, selengkapnya di () bagian REFERENSI.
======
REFERENSI
(1) The Guardian: “Indonesia
‘Saya merasa jijik’: di dalam pabrik akun Twitter palsu di Indonesia
‘Tim Buzzer’ adalah bagian dari politik yang sedang berkembang, membantu memecah belah agama dan rasial
Kate Lamb di Jakarta
Senin, 23 Juli 2018 02,17 BST Terakhir diubah pada Senin, 23 Juli 2018 16,35 BST
(foto)
Orang-orang menghadiri demo untuk menunjukkan dukungan bagi mantan gubernur Basuki Tjahaja Purnama – yang dikenal dengan nama panggilannya Ahok. Foto: Teluk Ismoyo / AFP / Getty Images
Agar seperti sungguhan, Alex akan menghias akun tiruannya dengan percikan kemanusiaan. Bercampur di antara aliran pos-pos politik, avatar-avatarnya – sebagian besar wanita Indonesia yang cukup muda – akan meratapi hati mereka yang patah dan memposting foto-foto sarapan mereka.
Tapi akun palsu ini bukan untuk bersenang-senang; Alex dan timnya diberitahu bahwa itu adalah “perang”.
“Ketika Anda sedang berperang, Anda menggunakan apa saja yang tersedia untuk menyerang lawan,” kata Alex dari sebuah kafe di Jakarta Pusat, “tapi kadang-kadang saya merasa jijik dengan diri saya sendiri.”
Muslim Cyber Army: operasi ‘berita palsu’ yang dirancang untuk menggagalkan pemimpin Indonesia
Baca lebih banyak
Selama beberapa bulan di tahun 2017 Alex, yang namanya telah diubah, menduga dia adalah salah satu dari lebih dari 20 orang di dalam pasukan maya rahasia yang memompa pesan dari akun media sosial palsu untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, yang dikenal sebagai “Ahok”, saat ia berjuang untuk pemilihan kembali.
“Mereka mengatakan kepada kami bahwa Anda harus memiliki lima akun Facebook, lima akun Twitter dan satu Instagram,” katanya kepada Guardian. “Dan mereka mengatakan kepada kami untuk merahasiakannya. Mereka mengatakan itu adalah ‘waktu perang’ dan kami harus menjaga medan perang dan tidak memberi tahu siapapun tentang tempat kami bekerja. ”
Pemilihan Jakarta – yang melihat petahana Ahok, seorang Kristen Cina, bersaing dengan putra mantan presiden Agus Yudhoyono, dan mantan menteri pendidikan, Anies Baswedan – mengaduk-aduk bagian-bagian yang buruk dari agama dan rasial. Ini memuncak dalam demonstrasi massa Islam dan tuduhan bahwa agama digunakan untuk kepentingan politik. Demonstran menyerukan Ahok dipenjara atas tuduhan penodaan agama.
Demo dipromosikan besar-besaran oleh gerakan daring yang buram yang dikenal sebagai Cyber Army Muslim , atau MCA, yang mempekerjakan ratusan akun palsu dan anonim untuk menyebarkan konten Islam rasis dan garis keras yang dirancang untuk mengubah pemilih Muslim melawan Ahok.
Alex mengatakan timnya dipekerjakan untuk melawan banjir sentimen anti-Ahok, termasuk hashtag yang mengkritik kandidat oposisi, atau menertawakan sekutu Islam mereka.
Tim Alex, yang terdiri dari pendukung Ahok dan mahasiswa yang terpikat oleh bayaran yang menguntungkan sekitar $ 280 (£ 212) sebulan, diduga bekerja di “rumah mewah” di Menteng, Jakarta Pusat. Mereka masing-masing diberitahu untuk mengirim 60 hingga 120 kali sehari di akun Twitter palsu mereka, dan beberapa kali setiap hari di Facebook.
(foto)
Muslim memprotes Ahok pada unjuk rasa pada tahun 2016. Foto: Mast Irham / EPA
‘Pasukan khusus’
Di Indonesia – yang termasuk dalam lima besar pengguna Twitter dan Facebook secara global – mereka dikenal sebagai “tim-tim buzzer” – kelompok yang memperkuat pesan dan menciptakan “buzz” di jejaring sosial. Meskipun tidak semua tim buzzer menggunakan akun palsu, ada yang melakukannya.
Alex mengatakan timnya yang terdiri dari 20 orang, masing-masing dengan 11 akun media sosial, akan menghasilkan hingga 2.400 posting di Twitter sehari.
Operasi ini dikatakan telah dikoordinasikan melalui grup WhatsApp bernama Special Forces, yang berarti “pasukan khusus” di Indonesia, yang diperkirakan Alex terdiri dari sekitar 80 anggota. Tim itu menyediakan konten dan hashtag harian untuk dipromosikan.
“Mereka tidak ingin akun-akun anonim sehingga mereka meminta kami untuk mengambil foto untuk profil, jadi kami mengambilnya dari Google, atau kadang-kadang kami menggunakan foto dari teman-teman kami, atau foto dari grup Facebook atau WhatsApp,” kata Alex. “Mereka juga mendorong kami untuk menggunakan akun wanita cantik untuk menarik perhatian ke materi; banyak akun yang seperti itu. ”
Gubernur Jakarta Ahok dihukum dua tahun penjara karena penodaan agama
Baca lebih banyak
Di Facebook mereka bahkan membuat beberapa akun menggunakan foto profil aktris asing yang terkenal, yang entah kenapa tampak seperti penggemar berat Ahok.
Tim cyber itu diduga diberi tahu bahwa “aman” untuk memposting dari kediaman Menteng, di mana mereka beroperasi dari beberapa kamar.
“Ruang pertama untuk konten positif, di mana mereka menyebarkan konten positif tentang Ahok. Ruang kedua adalah untuk konten negatif, menyebarkan konten negatif dan pidato kebencian tentang oposisi,” kata Alex, yang mengatakan ia memilih kamar yang positif.
Banyak dari akun tersebut hanya memiliki beberapa ratus pengikut, tetapi dengan mendapatkan tren hashtag mereka, sering setiap hari, mereka secara artifisial meningkatkan visibilitas mereka di platform. Dengan memanipulasi Twitter, mereka mempengaruhi pengguna nyata dan media Indonesia, yang sering mengacu pada hashtag yang sedang tren sebagai barometer suasana nasional.
Pradipa Rasidi, yang pada waktu itu bekerja untuk sayap pemuda Transparency International di Indonesia, memperhatikan fenomena ketika dia meneliti media sosial selama pemilihan.
“Pada pandangan pertama mereka tampak normal tetapi kemudian mereka kebanyakan hanya tweet tentang politik,” katanya.
Rasidi mewawancarai dua buzzer Ahok yang berbeda, yang dirinci menggunakan akun palsu dengan cara yang sama seperti yang dijelaskan oleh Alex. Keduanya menolak berbicara dengan Guardian.
Seorang ahli strategi media sosial yang bekerja di salah satu kampanye lawan Ahok mengatakan bahwa berdengung adalah industri besar.
“Beberapa orang dengan akun berpengaruh dibayar sekitar 20 juta rupiah ($ 1.400 / £ 1.069) hanya untuk satu tweet. Atau jika Anda ingin mendapatkan topik yang sedang tren selama beberapa jam, itu harganya antara 1-4 juta rupiah,” kata Andi, yang hanya ingin diidentifikasi dengan nama depannya.
Berdasarkan penelitian tentang industri buzzer di Indonesia, peneliti dari Pusat Penelitian Inovasi dan Kebijakan (CIPG) mengatakan semua kandidat dalam pemilihan Jakarta 2017 menggunakan tim buzzer – dan setidaknya satu dari lawan Ahok dengan terampil menciptakan “ratusan bot” yang terhubung untuk mendukung portal web.
Kampanye Baswedan membantah menggunakan akun palsu atau bot. Seorang juru bicara Yudhoyono mengatakan mereka tidak melanggar peraturan kampanye.
Fitnah, kebencian dan tipuan
Pihak berwenang telah membuat gerakan-gerakan untuk menindak berita palsu dan penyebaran pidato kebencian secara online tetapi buzzers, yang beroperasi di daerah abu-abu sebagian besar telah lolos dari celah-celah.
Bahkan pemerintah pusat tampaknya menggunakan taktik seperti itu. Akun Twitter @IasMardiyah, misalnya, yang dikatakan Alex dimanfaatkan oleh tim buzzer pro-Ahok-nya, sekarang mengeposkan aliran pesan dan propaganda pemerintah untuk Presiden Joko Widodo – kebanyakan retweet tentang infrastruktur dan keberhasilan diplomatik Indonesia, atau kebutuhan untuk melindungi persatuan nasional.
Menampilkan avatar seorang wanita muda mengenakan jilbab dan kacamata hitam, akun tweets hampir secara eksklusif konten pro-pemerintah dengan disertai hashtags.
Baru-baru ini akun tersebut telah memposting tentang pemilihan Indonesia ke dewan keamanan PBB, memerangi terorisme, meningkatkan ekspor pertanian, bandara baru di Jawa Barat, Asian Games bulan depan, tetapi juga pada isu-isu sensitif seperti Papua Barat.
Indonesia melepaskan 42 orang yang ditangkap di universitas Papua Barat
Baca lebih banyak
Seorang juru bicara kepresidenan diminta untuk berkomentar oleh Guardian, tetapi tidak menanggapi.
Seorang juru bicara dari Twitter menolak untuk menentukan berapa banyak akun palsu Indonesia yang telah diidentifikasi atau dihapus dari platformnya pada tahun lalu. Perusahaan itu mengatakan telah “mengembangkan teknik baru dan pembelajaran mesin eksklusif untuk mengidentifikasi otomatisasi berbahaya”.
Mengingat bahwa Ahok kalah dalam pemilihan, dan berakhir di penjara, Alex mengatakan dia tidak yakin seberapa efektif timnya.
Ulin Yusron, juru bicara tim kampanye Ahok menolak mengomentari tuduhan tertentu tetapi mengatakan kampanye itu “sangat sulit”.
“Penggunaan fitnah, kebencian dan tipuan [berita palsu] sangat besar,” katanya kepada Guardian. “Secara alami, tim membentengi diri dengan pasukan pendukung, termasuk di media sosial. Itu bukan sesuatu yang baru dalam politik. ”
Peneliti Rasidi mengatakan tim buzzer beroperasi dengan cara yang sama seperti gosip.
“Ketika semua orang berbicara tentang hal yang sama Anda mungkin berpikir bahwa mungkin itu benar, mungkin ada beberapa manfaatnya. Di situlah letak dampaknya.”
(Google Translate Chrome extension, tautan ke laman dengan bahasa asli (English): http://bit.ly/2LQ64rE).
——
(2) http://bit.ly/2OgIo1f, @guardian: “‘I felt disgusted’: inside Indonesia’s fake Twitter account factories https://t.co/1om6NdE2pW?amp=1”.
——
(3) http://bit.ly/2mHWcoP, Twitter: “@iasmardiyah
Account suspended
Twitter suspends accounts which violate the Twitter Rules”.
——
(4) http://bit.ly/2K11eWG, okezone.com: “Pengakuan Tim Medsos Ahok: Akun Palsu, Perang, Jijik hingga Bekerja di Rumah Mewah
Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 07:41 WIB
(foto)
Ilustrasi Foto/Shutterstock
NAMANYA ALEX. Ini bukan nama sebenarnya. Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, Alex bersama timnya membangun kekuatan di dunia media sosial untuk mendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Laporan investigasi The Guardian, menyebutkan bahwa Alex selama beberapa bulan saat Pilkada DKI, memiliki pasukan yang terdiri dari 20 orang.
Alex bersama timnya akan membuat akun media sosial palsu. Beberapa avatarnya atau foto profilnya, ada yang menggunakan perempuan muda—bahkan disarankan. Alex dan timnya diberitahu akan “berperang”.
“Ketika Anda sedang berperang, Anda menggunakan apa pun yang ada untuk menyerang lawan,” kata Alex. “tetapi kadang-kadang saya merasa jijik dengan diri saya sendiri.”
“Mereka mengatakan kepada kami bahwa Anda harus memiliki lima akun Facebook, lima akun Twitter dan satu Instagram,” Alex melanjutkan.
“Dan mereka mengatakan kepada kami untuk merahasiakannya. Mereka mengatakan itu adalah ‘waktu perang’ dan kami harus menjaga medan perang dan tidak memberi tahu siapa pun di mana kami bekerja.”
(foto)
Alex mengatakan timnya dipekerjakan untuk melawan arus sentimen anti-Ahok, termasuk tagar yang mengkritik Ahok.
Dalam laporan ini, Alex tidak menceritakan kepada siapa ia bekerja. Alex hanya menceritakan bagaimana ia bekerja dan membangun opini dengan akun palsu hingga menciptakan berita palsu.
Tim Alex, terdiri dari para pendukung Ahok. Ada juga para mahasiswa yang mendapat bayaran sekira Rp3.900.000 dalam sebulan.
Alex dan timnya diduga bekerja di “rumah mewah” sekitaran Menteng, Jakarta Pusat. Mereka masing-masing bisa me-twit 60 hingga 120 kali dalam sehari di akun palsu Twitter dan Facebook.
Pasukan Khusus
Indonesia termasuk lima besar pengguna Twitter dan Facebook di dunia. Alex bersama timnya juga dikenal sebagai buzzer. Tugas mereka menguatkan dan menciptakan opini di media sosial. Meskipun tidak semua buzzer menggunakan akun palsu, tetapi ada yang melakukannya.
Alex mengatakan timnya yang terdiri dari 20 orang, masing-masing memiliki 11 akun media sosial, dan akan menghasilkan 2.400 unggahan di Twitter dalam sehari.
Operasi dikoordinasikan melalui grup WhatsApp bernama Pasukan Khusus, yang diperkirakan Alex terdiri sekitar 80 anggota. Tim itu memberi masukan konten apa yang akan dibahas hingga tagar.
Alex menjelaskan, foto yang digunakan untuk membuat akun palsu diambil secara sembarangan.
“Mereka tidak ingin akun tersebut menjadi anonim (tanpa foto) sehingga mereka meminta kami untuk mengisi foto profil, jadi kami mengambilnya dari Google, atau terkadang kami menggunakan gambar dari teman-teman kami, atau foto dari grup Facebook atau WhatsApp,” kata Alex.
“Mereka juga meninta kami agar menggunakan (foto) akun wanita cantik untuk menarik perhatian. Banyak akun yang seperti itu. ”
Bahkan untuk di Facebook ada beberapa akun yang menggunakan foto profil aktris asing yang terkenal.
(foto)
Pasukan khusus Alex bekerja melalui ruangan-ruangan yang tersedia dalam rumah mewah di Menteng.
“Ruang pertama untuk konten positif, di mana mereka menyebarkan konten positif tentang Ahok. Ruang kedua untuk konten negatif, menyebarkan konten negatif dan pidato kebencian tentang oposisi, ” kata Alex, yang mengatakan ia memilih kamar yang positif.
Banyak dari akun tersebut hanya memiliki beberapa ratus pengikut, tetapi dengan mendapatkan tren hashtag mereka, sering setiap hari, mereka secara artifisial meningkatkan visibilitas mereka di platform. Dengan memanipulasi Twitter, mereka memengaruhi pengguna nyata dan media Indonesia, yang sering mengacu pada hashtag yang sedang tren sebagai barometer suasana nasional.
Pekerjaan Alex dan timnya juga menangkis serangan dari kubu sebelah yang gencar menyerukan agar Ahok di penjara karena kasus penistaan agama.
Pradipa Rasidi, yang pada Pilkada DKI bekerja di lembaga traspransi internasional di Indonesia, memperhatikan fenomena buzzer ini.
“Pada saat pertama, mereka tampak normal, tetapi kemudian mereka kebanyakan hanya me-twit tentang politik,” katanya.
Rasidi mewawancarai dua buzzer Ahok yang berbeda, yang menggunakan akun palsu dengan cara yang sama seperti yang dijelaskan oleh Alex. Keduanya menolak berbicara dengan Guardian.
Pakar strategi media sosial yang bekerja di salah satu kampanye melawan Ahok mengatakan bahwa buzzer adalah industri besar.
“Beberapa orang dengan akun berpengaruh dibayar sekitar Rp20 juta hanya untuk satu twit. Atau jika Anda ingin mendapatkan topik yang sedang tren selama beberapa jam, harganya antara Rp1-4 juta rupiah, ” kata Andi, yang hanya ingin ditulis nama depannya.
Berdasarkan penelitian tentang industri buzzer di Indonesia, peneliti dari Pusat Penelitian Inovasi dan Kebijakan (CIPG) mengatakan, semua kandidat dalam pemilihan Jakarta 2017 menggunakan tim buzzer—dan setidaknya satu dari lawan Ahok menciptakan “ratusan bot” yang saling terkait agar untuk terhubung ke dalam sebuah portal berita yang mendukung paslin tertentu.
Seorang juru bicara dari Twitter menolak memberikan data soal berapa banyak akun palsu Twitter di Indonesia yang telah diidentifikasi atau dihapus dari platformnya pada tahun lalu. Perusahaan itu mengatakan telah “mengembangkan teknik baru dan mesin eksklusif untuk mengidentifikasi konten berbahaya”.
Ahok kalah dalam Pilkada, dan berakhir di penjara. Alex mengatakan dia tidak dapat memastikan seberapa efektif timnya.
(foto)
“Beberapa orang dengan akun berpengaruh dibayar sekitar Rp20 juta hanya untuk satu twit. Atau jika Anda ingin mendapatkan topik yang sedang tren selama beberapa jam, harganya antara Rp1-4 juta rupiah, ” kata Andi, yang hanya ingin ditulis nama depannya.
Berdasarkan penelitian tentang industri buzzer di Indonesia, peneliti dari Pusat Penelitian Inovasi dan Kebijakan (CIPG) mengatakan, semua kandidat dalam pemilihan Jakarta 2017 menggunakan tim buzzer—dan setidaknya satu dari lawan Ahok menciptakan “ratusan bot” yang saling terkait agar untuk terhubung ke dalam sebuah portal berita yang mendukung paslin tertentu.
Seorang juru bicara dari Twitter menolak memberikan data soal berapa banyak akun palsu Twitter di Indonesia yang telah diidentifikasi atau dihapus dari platformnya pada tahun lalu. Perusahaan itu mengatakan telah “mengembangkan teknik baru dan mesin eksklusif untuk mengidentifikasi konten berbahaya”.
Ahok kalah dalam Pilkada, dan berakhir di penjara. Alex mengatakan dia tidak dapat memastikan seberapa efektif timnya.
Sementara Ulin Yusron, juru bicara tim kampanye Ahok menolak mengomentari tuduhan tertentu tetapi mengatakan kampanye melalui buzzer.
“Penggunaan fitnah, kebencian dan berita palsu sangat besar,” katanya. “Secara alami, tim membentengi diri dengan pasukan pendukung, termasuk di media sosial. Itu bukan sesuatu yang baru dalam politik. ”
Peneliti Rasidi mengatakan tim buzzer beroperasi dengan cara yang sama seperti gosip.
“Ketika semua orang berbicara tentang hal yang sama, Anda mungkin berpikir bahwa mungkin itu benar, mungkin ada beberapa manfaatnya. Di situlah letak dampaknya. ”
(fzy)”.
——
(5) Andi Nino Wirawan: “Keberanian harian asal Inggris The Guardian membongkar modus pabrik pembuat akun palsu pendukung Ahok telah menggegerkan publik Indonesia Senin, 23 Juli 2018 (Baca: Harian Inggris The Guardian Bongkar Pabrik Akun Palsu Pendukung Ahok.
Ini FAKTANYA! :
Berikut FAKTA yang diungkap oleh The Guardian terkait pabrik pembuat akun palsu para pendukung Ahok tersebut.
1. Masing-masing buzzer diwajibkan membuat 5 akun Facebook, 5 akun Twitter, dan 1 akun Instagram.
2. Para buzzer dilarang memberitahukan lokasi bekerja dan kepada siapa mereka bekerja.
3. Tugas para buzzer adalah melawan sentimen anti Ahok, membuat hashtag yang mengejek tim lawan, dan mengejek kelompok Islam yang mendukung lawan Ahok.
4. Tiap buzzer dibayar sebesar US$280 per bulan (sekitar hampir 4 juta berdasarkan kurs saat ini).
5. Para buzzer bekerja
di sebuah rumah mewah di kawasan Menteng. Para buzzer ditempatkan dalam 2 ruangan berbeda berdasarkan penugasan mereka.
Ruang pertama untuk konten positif. Tugas mereka mereka menyebarkan konten positif tentang Ahok.
Ruang kedua untuk konten negatif. Tugas mereka menyebarkan konten negatif dan ujaran kebencian tentang oposisi.
6. Masing-masing buzzer memposting 60 hingga 120 kali cuitan per hari pada akun Twitter palsu mereka, dan beberapa unggahan status di Facebook.
7. Satu tim yang terdiri dari 20 orang, masing-masing dengan 11 akun media sosial, setiap hari akan menghasilkan hingga 2.400 cuitan di Twitter.
8. Mereka bekerja berdasarkan koordinasi yang diterima melalui grup WhatsApp bernama Special Forces yang beranggotakan 80 orang.
Tim itu menjadi pengumpan konten dan hashtag harian untuk dipromosikan.
9. Akun palsu tersebut harus nampak tidak anonim. Sehingga mereka meminta para buzzer mengambil foto profil dari Google, foto kawan-kawan mereka di Grup Facebook atau Whatsapp
10. Para buzzer didorong untuk menggunakan akun dengan foto perempuan cantik untuk menarik perhatian.
Di Facebook mereka bahkan membuat beberapa akun menggunakan foto profil aktris asing yang terkenal.
11. Salah satu akun yang dimanfaatkan oleh tim buzzer pro Ahok, @IasMardiyah, yang menggunakan foto profil perempuan berkerudung, misalnya, kini beralih tugas menjadi akun yang mempromosikan Jokowi.
Disarikan dari: The Guardian
https://www.theguardian.com/world/2018/jul/23/indonesias-fake-twitter-account-factories-jakarta-politic”.
======
Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/701602353505636/