[HOAX] “Gunung Galunggung Tasikmalaya Meletus”

“Melansir dari detik.com, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan jika status gunung galunggung hingga saat ini dalam keadaan normal. Pihak PNPB juga menjelaskan jika benda-benda yang beterbangan di lereng gunung bukanlah akibat dari aktifitas gunung galunggung melainkan angin kencang dari awan kumulonimbus. Dan untuk hujan batu sendiri, itu tidak benar adanya melainkan hanya tambahan dari si pembuat hoax. Dihimbau untuk masyarakat tetap berhati-hati karena cuaca sedang tidak stabil dan adanya awan kumulonimbus.”

SUMBER
Media Sosial.

NARASI
“Gunung Galunggung Meletus
Melontarkan batu batu yang cukup besar”.

PENJELASAN
Gunung yang terakhir kali meletus pada tahun 1982 tersebut dikabarkan kembali meletus telah hari ini. Terdapat video dengan keterangan jika gunung Galunggung kembali meletus disertai dengan batu-batu kecil yang keluar dari dalam gunung.
Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika berita tersebut adalah bohong melainkan HOAX. Melansir dari detik.com, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan jika status gunung galunggung hingga saat ini dalam keadaan normal.
Pihak PNPB juga menjelaskan jika benda-benda yang beterbangan di lereng gunung bukanlah akibat dari aktifitas gunung galunggung melainkan angin kencang dari awan kumulonimbus. Dan untuk hujan batu sendiri, itu tidak benar adanya melainkan hanya tambahan dari si pembuat hoax.
Dihimbau untuk masyarakat tetap berhati-hati karena cuaca sedang tidak stabil dan adanya awan kumulonimbus.

REFERENSI
(1) https://news.detik.com/berita/d-3758201/bnpb-isu-gunung-galunggung-tasikmalaya-meletus-hoax
(2) https://www.facebook.com/julius.taslim.33/videos/102045607253032/

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/567388290260377/