(DISINFORMASI): Kapolda DKI Sebut Penyebab Penyerangan Novel Baswedan Karena Bisnis Hijab Online Sang Istri

 

Beredar Judul-judul berita di portal media online yang menyebutkan bahwa Kapolda DKI Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan menyimpulkan bahwa motif penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan adalah karena faktor bisnis hijab online sang istri.

 

Tak pelak, netizen yang membaca berita tersebut pun geram dan menilai ada sesuatu yang ditutup-tutupi oleh pihak kepolisian atas kasus yang dialami oleh Novel Baswedan. seperti pada postingan beberapa portal media online dan akun facebook berikut ini:

 

 

Menanggapi kegeraman netizen yang semakin menjadi-jadi, Inspektur Jenderal M. Iriawan membantah penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan, berhubungan dengan bisnis hijab dan gamis istri Novel, Rina Emilda. Iriawan mengakui sempat bertanya seputar bisnis itu terhadap Emil.

 

Menurut Kapolda, hal itu dilakukan hanya untuk menggali segala kemungkinan mengenai peristiwa yang terjadi Selasa pagi, 11 April 2017. “Bukan berarti penyerangan yang menimpa Novel berkaitan dengan bisnis yang dijalani istrinya,” kata Iriawan di Markas Komando Daerah Militer Jaya, Jakarta Timur, Kamis, 13 April 2017. Meski hal itu mungkin saja terjadi.

 

Emil berdagang gamis perempuan dan jilbab. “Saya tanyakan apakah pernah ada seorang laki-laki lain yang pernah atau pelanggan yang membeli baju datang. (Jawabnya) tidak ada,” ujar Kapolda.

Iriawan menjelaskan, ia mencari kemungkinan dari orang yang bisa saja mendatangi rumah Novel dengan alasan membeli hijab atau gamis. Sebab, dua pekan sebelumnya, tetangga Novel mengaku melihat beberapa pria mencurigakan berada di depan rumah Novel.

 

“Maksudnya kalau ada, kami curiga. Jadi maksudnya bukan ada kaitannya dengan jualan gamis.”

 

Novel Baswedan disiram air keras oleh dua orang tak dikenal di dekat rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Saat itu, novel tengah berjalan pulang dari masjid seusai salat subuh berjemaah.

 

Novel terluka kelopak mata kirinya akibat penyiraman itu. Sedangkan dahinya terluka lantaran menabrak pohon tak lama setelah disiram air keras. Ia sempat dirawat di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, dan Jakarta Eye Center. Kemarin, ia dibawa ke Singapura untuk pengobatan.

 

REFERENSI:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/452461958419678/

https://metro.tempo.co/read/865856/kasus-air-keras-kapolda-sempat-tanya-bisnis-hijab-istri-novel

]https://news.detik.com/berita/3472022/kembali-jenguk-novel-kapolda-metro-tanyakan-kronologi-kejadian

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170413115516-12-207282/kapolda-curiga-tamu-novel-sebagai-penyiram-air-keras/