[SALAH] TNI dan Mahasiswa Bekerja Sama Menyeret Jokowi dari Istana

Hasil periksa fakta Panji

Video hanya menjelaskan tentang pernyataan Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi, untuk menyarankan Presiden Jokowi untuk mundur dari jabatannya.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/T6C4jhT-TNw (arsip)

===========

[NARASI]:

BERITA TERKINI ~ TNI DAN MAHASISWA SERET PAKSA JOKOWI DARI ISTANA? – KABAR AKURAT

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan di Youtube menyebarkan sebuah klaim yang mengatakan jika TNI dan para mahasiswa bersama-sama menyeret Presiden Joko Widodo untuk keluar dari Istana Negara.

Akan tetapi saat disimak isi video tersebut memiliki pembahasan yang sangat berbeda dari klaim pada judul. Isi video hanya membahas sebuah artikel berjudul “Jokowi Lebih Baik Mundur, Daripada Dikejar-kejar Seperti Rajapaksa” yang diunggah pada 10 Juli 2022.

Pada artikel ini, membahas tentang pernyataan Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi, untuk menyarankan Presiden Jokowi untuk mundur dari jabatannya. Hal ini ia sampaikan setelah melihat dua peristiwa di Sri Lanka dan Jepang. Di mana, Presiden Rajapaksa kabur melarikan diri karena rumah kediamannya digeruduk ratusan ribu massa yang menganggap Rajapaksa gagal menjalankan pemerintahan.

Selain pembahasan yang tidak sesuai dengan klaim judul, gambar thumbnail yang digunakan juga diambil dari artikel Detik yang menyoroti kejadian demo DPR di tanggal 24 September 2019 lalu .

===========

[REFERENSI] :

https://rmol.id/politik/read/2022/07/10/539737/jokowi-lebih-baik-mundur-daripada-dikejar-kejar-seperti-rajapaksa

https://news.detik.com/berita/d-4720446/bertemu-prajurit-tni-mahasiswa-yang-demo-dpr-nyanyi-garuda-pancasila