[SALAH] Lionel Messi Berikan Komentar Pedas kepada Australia: “Indonesia yang Akan Menang”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti dan laporan resmi mengenai Messi yang menyatakan hal tersebut, serta klip yang digunakan dalam video itu adalah wawancara Messi di dua event berbeda pada Juni 2024 dan Agustus 2023.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: TikTok
https://ghostarchive.org/archive/s89xe

=====

Narasi:
“Messi dukung Indonesia lawan Australia”.

“Messi komentar pedas ke Australia bahwa Indonesia lah yang akan menang”.

“Komentar pedas Lionel Messi level Indonesia tidak seperti dulu lagi, Australia bakal kalah versus timnas Indo. Pada konferensi pers, seorang bintang sepak bola dari Argentina memberikan pandangan yang cukup mengejutkan. Dia menyatakan bahwa timnas Australia tidak akan mampu mengalahkan timnas Indonesia yang saat ini diasuh oleh pelatih berbakat asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong”.

=====

Penjelasan:
Akun TikTok @sa367putra mengunggah video yang menyebarkan narasi bahwa Lionel Messi menyatakan dukungannya terhadap timnas Indonesia pada konferensi pers. Di video itu, dinyatakan bahwa Messi yakin Indonesia pasti menang lawan Australia karena sudah mengalami perkembangan pesat di bawah kepemimpinan Shin Tae-Yong. Video itu juga dilengkapi beberapa klip wawancara Lionel Messi. Video yang diunggah pada 10 September tersebut telah disukai 895 orang dan dibagikan ulang 12 kali. Pada kolom komentar juga terlihat banyak pengguna TikTok Indonesia yang berterima kasih atas dukungan Messi kepada Indonesia.

Setelah menelusuri cuplikan Messi yang digunakan di video @sa367putra, ditemukan beberapa video Messi dari wawancara yang berbeda. Video @sa367putra detik ke 00:01 sampai 00:13 diambil dari YouTube media Argentina, Infobae, di videonya yang berjudul “Messi íntimo: el recuerdo de su abuela, su vínculo con Argentina y por qué no volvió a ver la final” yang diunggah pada 7 Juni 2024. Melansir dari judul video itu yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, wawancara tersebut membahas mengenai kenangan Messi dengan neneknya dan ikatan personal Messi dengan timnas Argentina.

Kemudian, di video @sa367putra detik ke 00:17 sampai 00:23 diambil dari YouTube resmi media Miami Herald dengan video yang berjudul “Watch the interview: Lionel Messi opens up on Marvel celebrations, Miami traffic and more” yang diunggah pada 18 Agustus 2023.

Lebih lanjut, ketika dilakukan pencarian mengenai narasi tersebut, tidak ditemukan rekaman wawancara Messi yang secara eksplisit menunjukkan dukungannya kepada Indonesia. Sebaliknya, beberapa media telah membahas narasi ini, salah satunya artikel dari Yahoo! News yang berjudul “Posts falsely claim Lionel Messi backed Indonesia football team ahead of World Cup qualifier with Australia”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun TikTok @sa367putra adalah konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=BpY3QPBt5HE&t=247s


https://www.youtube.com/watch?v=tlo6BREg53M&t=42s


https://www.yahoo.com/news/posts-falsely-claim-lionel-messi-040358271.html